Instalasi Java di windows



Java yaitu suatu bahasa pemrograman berbasis OOP (Object Oriented Program) yang multiplatform. Bagi Anda yang ingin mempelajari  bahasa pemrograman Java, terlebih dahulu Anda harus menginstal JDK di komputer. Pertama download terlebih dahulu software Java Terbaru di Download Java. Lalu bagaimanakah cara instalasi JDK pada komputer tau laptop anda?

Berikut cara Instal Java di Windows

1. Klik-Double file instalasi Java JDK untuk mengeksekusi instalasi.
2.Maka akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini :



3. Klik tombol Next, maka prosedur instalasi segera dimulai, ditandai dengan munculnya pilihan-pilihan fitur atau komponen yang ingin anda sertakan dalam instalasi. Jika anda ragu mengenai pilihannya, biarkan saja pilihan default atau aslinya. Klik Next untuk melanjutkan instalasi.



4. Instalasi akan berjalan beberapa menit, tergantung pada sumber daya PC anda (makin tinggi spesifikasi PC anda, makin cepat instalasi berlangsung).


5. Saat instalasi selesai, muncul kotak dialog yang memberitakan bahwa instalasi Java SDK telah selesai. Ada pilihan untuk membuka informasi tutorial produk, atau bisa anda lewatkan dengan mengklik tombol Close.



7. Selesai

Apakah selesai sampai di sini ? Belum kita harus menambahkan PATH pada system di komputer kita
Cara Setting

1. klik start >> Run atau (tombol windows + R)




2. Dalam box, tuliskan cmd


3. Kemudian setelah muncul layar hitam ini, tuliskan “javac”. Dan akan menampilkan tulisan: “‘javac’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file”



4. Agar Java dapat berjalan kita perlu menambahkan PATH di System. Caranya klik kanan computer >> properties >> pilih yang advance system setting


5. setelah pilih advanced system settings maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
setelah itu pilih environment variables


6. Klik 2x pada tilisan Path untuk mengedit


7. jangan menghapus apapun, jika ingin menambahkan ini: “C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_60\bin
maka tambahkan tanda (;) di bagian akhir kalimat, seperti ini kemudian kilk ok.


8. Setelah itu klik ok >> ok.



9.Setelah itu masuk ke cmd lagi dengan cara tekan (tombol Windows+R), kemudian ketikkan “javac” lagi. dan jika berhasil akan ada tampilan tulisan yang cukup panjang, seperti ini:



10. Selesai

Sekarang Anda bisa mulai untuk belajar pemrograman bahasa Java.


0 Response to " Instalasi Java di windows "

Posting Komentar

wdcfawqafwef