Mengenal Variabel Dalam Java

Mengenal Variabel Dalam Java

 Variabel - Sama halnya seperti bahasa pemrograman lain, dalm Java, variabel juga merupakan unit dasar yang diperlukan untuk menyimpan suatu nilai dengan tipe data tertentu didalam memori omputer. Pada postingan kali ini kita akan mempelajari bagaimana caranya mendeklarasikan variabel, mengetahui jenis-jenis variabel, serta scope dari variabel yang kita deklarasikan dalam bahasa pemrograman Java.


Apa sih Variabel itu?

Variabel adalah satuan dasar penyimpanan dalam program Java. Suatu variabel dapat bersifat lokal (sementara), misalnya variabel yang di dalam pengulangan for, atau dapat juga variabel instance yang dapat diakses oleh semua method dalam class. Benda atau sesuatu yang tersimpan di dalam variabel dinamakan nilai. Nilai dalam suatu variabel dapat berubah selama berjalannya program. Nilai yang tersimpan dalam suatu variabel tidak harus berupa bilangan. Kita dapat membuat variabel yang dapat menyimpan huruf. Jenis nilai yang tersimpan dalam variabel merupakan tipe variabel.


Menggunakan Variabel

Dalam Java, secara eksplisit kita harus mendeklarasikan variabel sebelum kita menggunakannya. Sama halnya seperti pada bahasa pemrograman lain dalam Java variabel juga merupakan unit dasar yang diperlukan untuk menyimpan suatu nilai dengan tipe data tertentu dalam memori kompiuter setip variabel memiliki lingkup dan waktu hidup didalam memori. Java secara eksplisit mengharuskan kita untuk mendeklarasikan variabel sehingga jika terdapat salah ejaan (misspell) dalam nama variabel, compiler akan menemukan kesalahan tersebut dan menampilkannya sebagai kesalahan compiler (compiler error).


Bagaimana Cara Mendeklarasikan Variabel?

Untuk mendefinisikan variabel tentukan tipenya terlebih dahulu lalu nama variabel tersebut lalu diakhiri dengan titik-koma karena pendeklarasian variabel merupakan sebuah bentuk pernyataan (statement). Bentuk dasar dalam mendeklarasikan variabel adalah seperti ini:

tipe namaVariabel;     //untuk mendeklarasikan sebuah variabel
tipe namaVariabel1, variabel2,... //untuk mendeklarasikan beberapa variabel

Sebagai contoh apabila kita ingin mendeklarasikan variabel dengan nama x dan bertipe data bilangan bulat (int), maka kita dapat menulisnya sebagai berikut:

int x:

Java juga memberi kemudahan bagi para programmer untuk mendeklarasikan beberapa buah nama variabel bertipe sama secara sekaligus dengan menggunakan tande koma sebagai pembatasnya, seperti pada kode dibawah ini:

int p, q, r;    //Mendeklarasikan variabel p, q, r;
       //dengan   tipe int
char tu1, tu2;    //Mendeklarasikan variabel tu1 dan tu2;
       //dengan tipe char


Terdapat beberapa ketentuan yang harus diperhatikan dalam penentuan nama variabel pada saat proses deklarasi yaitu sebagai berikut:
  • Nama variabel tidak boleh mengandung spasi
Contoh:

int Tulis Angka;   //Salah
int TulisAngka;    //Benar
int Tulis_Angka;   //Benar

  • Nama variabel tidak boleh berupa angka atau diawali dengan karakter numerik (angka).
Contoh:

boolean 1;     //Salah
boolean a;     //Benar
double 1Dimensi [];   //Salah
double T1;     //Benar

  • Nama variabel tidak boleh mengandung karakter simbol, kecuali tanda $.
Contoh:


char Simbol#;    //Salah
char $d;     //Benar

  • Nama variabel tidak boleh menggunakan kata kunci yang sudah didefinisikan   didalam java.
Contoh:

byte while;     //Salah
byte gue;     //Benar
boolean break;    //Salah

  • Dalam suatu blok program ,nama variabel harus bersifat unik atau berbeda satu sama lain.
Contoh:

int a = 0;
if (a == 0){
 int a = 1;    //Benar
 int b = 2;    //Benar
 int b = 3;    //Salah, nama variabe b ada dua
 ...
}

  • Usahakan nama variabel sedeskriptif mungkin sehingga kode program dapat lebih mudah    untuk dipahami orang lain.
Dalam bahasa java, nama variabel selalu diawali dengan huruf kecil, misalnya:     isExist, isBoolean, isVisible, dan sebagainya. Ini juga berlaku untuk nama method (fungsi) didalam suatu kelas,misalnya: toString(),  /, dan sebagainya.


Inisialisasi Variabel


Java membolehkan kita untuk melakukan inisialisasi nilai terhadap variabel yang akan dideklarasikan. Nilai inisialisasi merupakan nilai yang digunakan sebagai nilai awal (default) sebelum akhirnya nilai variabel tersebut diisi atau diganti dengan nilai lain. Bentuk umum dari proses inisialisasi nilai kedalam variabel adalah sebagai berikut:

tipe namaVariabel = nilai;
tipe namaVariabel1  =  nilai1, namaVariabel2 = nilai2;

Berikut ini dua buah contoh kode program yang menunjukkan proses inisialisasi nilai pada saat kita mendeklarasikan variabel.

int index = 0;
char ch = ‘A’;

Kode diatas menunjukkan bahwa kita mendeklarasikan variabel bernama index yang bertipe int dengan nilai awal 0, dan variabel ch yang bertipe char dengan nilai awal berupa karakter ‘A’.


Lingkup dan Daur Hidup Variabel

Variabel yang dideklarasikan didalam lingkup (scope) atau blok tertentu hanya dikenali didalam lingkup bersangkutan saja. Dalam Java, blok diawali dengan tanda { dan diakhiri dengan tanda }. Dalam bahasa Pascal, tanda tersebut dipresentasikan dengan kata kunci begin dan end. Perhatikan contoh kode program dibawah ini:

class LingkupVariabel {
   public static void main (String[] args) {
    
     int a = 10;

     if (a > 5) {      //awal blok
       int b = 15;
       System.out.println("Nilai a di dalam blok : " + a);
       System.out.println("Nilai b di dalam blok : " + b);
     }                  //akhir blok

     System.out.println("Nilai a di luar blok : " + a);
     //SALAH
     //System.out.println("Nilai b di luar blok : " + b);
  }
}

Hasil yang akan diberikan pada program diatas adalah sebagai berikut:

Nilai a di dalam blok if: 10
Nilai b di dalam blok if: 15
Nilai a di luar blok if: 10

Pada contoh kode di atas, variabel b dideklarasikan di dalam blok if sehingga tidak akan dikenali lagi dari luar blok bersangkutan.

Sekian postingan untuk kali ini mengenai Variabel dalam Java.
Semoga bermanfaat.

0 Response to " Mengenal Variabel Dalam Java "

Posting Komentar

wdcfawqafwef