Teknologi API JAVA

Gambaran mengenai Java API Documentation

Dokumentasi API ini disusun dalam tiga jendela terpisah. Jendela utama yang lebih besar di sebelah kanan menunjukkan isi saat ini sedang dilihat. Bagian kiri atas jendela berisi daftar Paket yang disertakan dalam edisi JAVA SE7 .
Mengklik link Help pada menu atas jendela utama memberikan pengguna pemahaman yang rinci bagaimana dokumentasi diatur.



Link Index menyediakan indeks komprehensif dari seluruh dokumentasi, dengan hyperlink ke setiap huruf di bagian atas.



Desprecated (Link Usang) memberikan daftar antarmuka, Kelas, Pengecualian, dll, yang telah digantikan dan harus dihindari. Dalam deskripsi setiap item usang yang berisikan link untuk penggantian, jika ada.


Link Tree (Link Pohon) memberikan pandangan hirarkis dari semua kelas dan atau paket yang disertakan dalam rilis Java SE8.




Bagian Overview memberikan penjelasan singkat untuk setiap paket.



Contoh: Dokumentasi pada kelas String

Dokumentasi pada kelas String dapat ditemukan dan diperiksa sebagai berikut.
Gunakan jendela Kelas di kiri bawah dokumentasi online untuk menemukan kelas String.



Dokumentasi di kelas String sekarang disajikan di jendela utama. Paket kelas String terletak di atas dokumentasi (java.lang.String).
Berikutnya, beberapa contoh tentang penggunaan kelas String.
Berikut garis sisa bagian dari dokumentasi kelas String:
  •  Field Summary (Bidang Ringkasan) : ini biasanya detail kendala atau rinci bidang lainnya.


  • Constructor Summary (Konstruktor Ringkasan) : Menyediakan deskripsi singkat dari konstruktor yang tersedia untuk kelas String, dengan daftar lengkap dari argumen konstruktor dalam setiap kasus. Konstruktor usang juga tercantum.


  • Method Summary (Metode Ringkasan) : menyediakan daftar metode yang tersedia di kelas String, dengan deskripsi masing-masing. Pengubah dan jenis juga tercantum (misalnya, int, char, Boolean, dll).

  • Field Detail (Bidang Detail) : Berisi penjelasan lebih rinci tentang bidang yang disertakan.

  • Constructor Detail (Konstruktor Detail) : memberikan penjelasan lebih rinci dari masing-masing konstruktor untuk kelas String.

  •  Method Detail (Metode Detail) : Berisi deskripsi yang lebih rinci dari setiap metode termasuk dalam kelas String, serta jenis masing-masing, dan jenis pengubah.


Java API Documentation dengan JCreator

Java dokumentasi API dapat dilihat dalam JCreator untuk referensi cepat dan mudah selama pemrograman. Jika docs Java belum diatur saat instalasi JCreator, dapat dikonfigurasi sebagai berikut.

Buka JCreator, dan klik pilihan Configure dari menu atas, kemudian pilih Options. Pada kotak pilihan dialog yang muncul, pilih Profiles JDK dari panel kiri.


Pilih Profil JDK aktif dari panel tengah, dan kemudian klik tombol Edit di sebelah kanan.
Sebuah kotak dialog baru akan muncul. Pilih tab Dokumentasi kemudian klik tombol Add.



Gunakan kotak dialog file browser yang muncul untuk memilih folder docs yang sebelumnya di-download. Klik tombol OK untuk memverifikasi lokasi folder Dokumentasi API.
Klik OK kemudian OK lagi untuk keluar dari kotak dialog dan menyimpan pengaturan.



Java API Dokumentasi sekarang dapat dilihat dalam JCreator. Klik pilihan Bantuan dari menu atas, lalu pilih JDK Bantuan.



JCreator Books panel di sebelah kanan jendela akan muncul. Perluas folder API Java dengan mengklik "+" di samping ikon. Catatan bahwa jika Anda tidak dapat memperluas folder, maka lokasi folder docs tidak dikonfigurasi dengan benar.

Double klik pada index untuk membuka Java API Documentation dalam tampilan tab JCreator.

0 Response to " Teknologi API JAVA "

Posting Komentar

wdcfawqafwef